Thursday, August 1, 2013

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS - Jika Anda mempunyai flash disk atau eksternal hard disk dala format FAT32, ada baiknya segera Anda convert ke format NTFS, karena FAT32 tidak dapat memproses data yang lebih besar dari 4 GB, selain itu juga merupakan format disk lama yang tidak stabil. Melakukan perubahan atau konversi ke format NTFS bukan hanya sebuah tugas sekaligus masalah, karena selain itu kehilangan data di dalamnya setelah dikonversi menjadi NTFS merupakan ancaman lain yang dapat menimpa Anda. Alasan merubah ke format NTFS karena format ini lebih stabil, mendukung file berukuran besar, lebih aman dan juga lebih cepat ketika di defrag

  • Tekan tombol ikon Windows + R, kemudian ketikkan cmd lalu tekan Enter atau tombol OK.
  • Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, lihat nama drive yang hendal di konversi dan pastikan Anda mengingat dengan baik.
  • Di jendela Command Prompt ketikkan chkdsk h: /f lalu tekan Enter, H adalah lokasi flash drive/eksternal drive Anda. Perintah ini berfungsi untuk melakukan scan dan memperbaiki sistem error pada drive secara otomatis.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
  • Kemudian ketikkan Convert H: /FS:NTFS lalu tekan Enter di mana H adalah lokasi drive yang akan dikonversi. Perintah ini akan menjalankan sistem untuk melakukan konversi dari format FAT32 ke NTFS, tunggu hingga Anda melihat pemberitahuaan bahwa proses telah berhasil dilakukan.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
  • Sekarang coba buka Windows Explorer anda dan klik kanan pada drive yang dikonversi lalu klik Properties dan perhatikan file format yang muncul di jendela Properties, seharusnya sudah berubah menjadi NTFS.
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS
Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS ini dapat bekerja dengan baik di Windows XP, Vista, Windows 7 dan 8. Namun harap dicatat, bahwa Anda hanya dapat melakukan konversi dari format FAT ke NTFS tetapi tidak dapat kembali merubah dari NTFS ke FAT kecuali dengan cara melakukan format ulang dengan resiko kehilangan seluruh data di dalamnya.


Related Posts

Cara Merubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data
4/ 5
Oleh

4 komentar

Anonymous
November 3, 2014 at 2:42 PM delete

Good post n Thanx

Reply
avatar
Anonymous
November 3, 2014 at 4:13 PM delete

The type of the file system is FAT32.
Enter current volume label for drive F: ??

kira2 apa lagi yg harus di isikan??

Reply
avatar
September 9, 2015 at 8:42 PM delete

Saya coba yah gan kebetulan sekali saya dah muter muter cari tutorial ini karna saya lagi mau nyoba ngerubah flashdisk menjadi format ntfs

Reply
avatar

Berikan komentar anda..