Saturday, November 17, 2012

Permainan - Permainan Kata Versus Gerakan

Permainan ini sangat baik untuk anda sebagai guru untuk me-refresh siswa yang lelah karena belajar. Baik digunakan ketika pergantian jam pelajaran.

Bahan/ alat : -
Cara permainan :
  1. Fasilitator menyebutkan kata "Gajah". Kemudian peserta menjawab "besar". Namun siswa menjawab sambil membuat gerakan dengan jari kelingking seperti ketika kita menyebutkan "kecil". Dan bila kita menyebutkan kata "Semut", siswa menjawab dengan kata "kecil", namun dengan gerakan tangan seperti bola yang besar.
  2. Fasilitator menyebutkan kata "Pensil". Kemudian peserta menjawab "pendek". Namun siswa menjawab sambil membuat gerakan dengan tangan melebar seperti ketika kita menyebutkan "panjang". Dan bila kita menyebutkan kata "Tiang", siswa menjawab dengan kata "Panjang", namun dengan gerakan tangan memendek seperti ketika kita menyebutkan kata "pendek".
  3. Siswa yang salah dalam gerakan, maka siswa tersebut mendapatkan sanksi terserah keada fasilitator atau guru yang bersangkutan. 
  4. Permainan tersebut bisa dikombinasikan, apakah hanya gajah dan semut saja, tiang dan pensil saja, atau keempat-empatnya.
Mudah sekali permainan ini, namun sangat menyenangkan bagi siswa.

Semoga Bermanfaat.

Related Posts

Permainan - Permainan Kata Versus Gerakan
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..